.

.
Selamat Datang di blog USNA
animasi bergerak naruto dan onepiece

Kamis, 10 Oktober 2013

TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISME



Teori kontruktivisme adalah sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan menciptakan sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Piaget menegaskan bahwa penekanan teori kontruktivisme pada proses untuk menemukan teori atau pengetahuan yang dibangun dari realitas
lapangan.
Teori kontruktivisme adalah sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari.
·         Peran guru dalam pembelajaran menurut teori kontruktivisme adalah sebagai fasilitator atau moderator.
·         Teori konstruktivistik merupakan pengembangan dari teori belajar kognitif.
·         Piaget menyatakan bahwa “ilmu pengetahuan dibangun dalam pikiran seorang anak dengan kegiatan asimilasi dan akomodasi sesuai dengan skemata yang dimilikinya.”
Ada beberapa ciri-ciri dalam pembelajaran model kontruktivisme, yaitu :
1.      Mencari tahu dan menghargai titik pndang/pendapat siswa.
2.      Pembelajaran dilakukan atas dasar pengetahuan awal siswa.
3.      Memunculkan masalah yang relevan dengan siswa.
4.      Menyusun pembelajaran yang menantang dugaan siswa.
5.      Menilai hasil pembelajaran dalam konteks pembelajaran sehari-hari.
6.      Siswa lebih aktif dalam proses belajar.
7.      Setiap pandangan harus dihargai.
8.      Mendorong adanya kerjasama dalam belajar.
9.      Focus pembelajaran pada siswa.
10.  Memberikan pengalaman yang dialami langsung oleh siswa.
Penerapan teori belajar kontruktivistik dalam pembelajaran yaitu :
a.       Mendorong kemandirian dan inisiatif siswa dalam belajar.
b.      Memberikan kesempatan pada siswa untuk merespon pertanyaan guru.
c.       Mendorong siswa berfikir tingkat tinggi.
d.      Siswa terlibat aktif diskusi dengan guru dan siswa lain.
e.       Mendorong siswa terlibat dalam pengalaman yang menantang.

0 komentar:

Posting Komentar

Mario