Teori kontruktivisme adalah sebagai
pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan menciptakan sesuatu makna
dari apa yang dipelajari. Piaget menegaskan bahwa penekanan teori
kontruktivisme pada proses untuk menemukan teori atau pengetahuan yang dibangun
dari realitas
lapangan.
lapangan.
Teori kontruktivisme adalah sebagai
pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna
dari apa yang dipelajari.
·
Peran guru dalam
pembelajaran menurut teori kontruktivisme adalah sebagai fasilitator atau
moderator.
·
Teori konstruktivistik
merupakan pengembangan dari teori belajar kognitif.
·
Piaget menyatakan bahwa
“ilmu pengetahuan dibangun dalam pikiran seorang anak dengan kegiatan asimilasi
dan akomodasi sesuai dengan skemata yang dimilikinya.”
Ada beberapa ciri-ciri dalam
pembelajaran model kontruktivisme, yaitu :
1. Mencari
tahu dan menghargai titik pndang/pendapat siswa.
2. Pembelajaran
dilakukan atas dasar pengetahuan awal siswa.
3. Memunculkan
masalah yang relevan dengan siswa.
4. Menyusun
pembelajaran yang menantang dugaan siswa.
5. Menilai
hasil pembelajaran dalam konteks pembelajaran sehari-hari.
6. Siswa
lebih aktif dalam proses belajar.
7. Setiap
pandangan harus dihargai.
8. Mendorong
adanya kerjasama dalam belajar.
9. Focus
pembelajaran pada siswa.
10. Memberikan
pengalaman yang dialami langsung oleh siswa.
Penerapan teori belajar kontruktivistik
dalam pembelajaran yaitu :
a. Mendorong
kemandirian dan inisiatif siswa dalam belajar.
b. Memberikan
kesempatan pada siswa untuk merespon pertanyaan guru.
c. Mendorong
siswa berfikir tingkat tinggi.
d. Siswa
terlibat aktif diskusi dengan guru dan siswa lain.
e. Mendorong
siswa terlibat dalam pengalaman yang menantang.
0 komentar:
Posting Komentar