.

.
Selamat Datang di blog USNA
animasi bergerak naruto dan onepiece

Kamis, 10 Oktober 2013

KONSEP DAN MAKNA PEMBELAJARAN



A.                Pengertian Pembelajaran
Menurut penulis buku Gurunya Manusia, Munif Chatib, Pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi. Jadi, pembelajaran adalah sebuah proses yang dilakukan oleh guru sebagai pemberi informasi dan siswa
sebagai penerima informasi untuk menghasilkan sebuah perubahan perilaku yang relatif permanen.
B.                 Ciri-Ciri Pembelajaran
1.      Rencana.
2.      Saling tergantung (interdependence).
C.                Prinsip-Prinsip Pembelajaran
Prinsip-prinsip belajar juga memberikan arah tentang apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar para siswa dapat berperan aktif di dalam proses pembelajaran.
1.      Perhatian dan Motivasi.
2.      Keaktifan.
3.      Keterlibatan Langsung.
4.      Prinsip Pengulangan.
5.      Tantangan.
6.      Balikan dan Penguatan.
7.      Perbedaan Individual.
Dalam pandangan DePorter & Hernacki (2001:117) terdapat tiga karakteristik atau modalitas belajar siswa yang perlu diketahui oleh setiap pendidik dalam proses pembelajaran, yaitu:
·         Orang-orang yang visual, yang sering kali ditandai suka mencoret-coret ketika berbicara di telpon, berbicara dengan tepat, lebih suka melihat peta daripada mendengar penjelasan.
·         Orang-orang yang auditorial, yang sering ditandai suka berbicara sendiri, lebih suka mendengarkan ceramah atau seminar daripada membaca buku, lebih suka berbicara daripada menulis.
·         Orang-orang yang kinestetik, yang sering ditandai berpikir lebih baik ketika bergerak atau berjalan, banyak menggerakkan anggota tubuh ketika berbicara, sulit untuk duduk dan diam.
D.                Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar Pembelajaran
1.     Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu dan dapat mempengaruhi hasil belajar individu. Faktor-faktor internal ini meliputi faktor fisiologis (keadaan jasmani dan keadaan fungsi jasamani) dan faktor psikologis (kecerdasan siswa, motifasi , minat, sikap dan bakat).
2.      Faktor Eksternal
Selain karakteristik siswa, faktor-faktor eksternal juga dapat memengaruhi proses belajar siswa. Dalam hal ini, Syah (2003) menjelaskan bahwa faktor-faktor eksternal yang memengaruhi balajar dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan non-sosial.
3.      Kondisi Ideal Pembelajaran
Kondisi belajar adalah suatu keadaan yang dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Definisi yang lain tentang kondisi belajar adalah suatu keadaan yang mana terjadi aktifitas pengetahuan dan pengalaman melalui berbagai proses pengolahan mental. Gagne membagi kondisi  belajar atas dua, yaitu Kondisi internal dan Kondisi eksternal.
Gagne (dalam Richey, 2000) menyatakan bahwa dibutuhkan kondisi belajar yang efektif untuk berbagai jenis/ kategori kemampuan belajar. Kondisi belajar dibagi atas lima kategori belajar sebagai berikut:
·         Keterampilan intelektual (intellectual skill).
·         Informasi verbal (verbal information).
·         Strategi kognitif (Cognitive Strategy/problem solving).
·         Sikap (attitude)
·         Keterampilan motorik (Motor Skill).
E.                 Komponen dan Prinsip Perencanaan Pembelajaran
1.      Komponen Pembelajaran
Interaksi merupakan ciri utama dari kegiatan pembelajaran, baik antara yang belajar dengan lingkungan belajarnya, baik itu guru, teman-temannya, tutor, media pembelajaran, atau sumber-sumber belajar yang lain. Ciri lain dari pembelajaran adalah yang berhubungan dengan komponen-komponen pembelajaran. Di dalam pembelajaran terdapat komponen-komponen, yaitu: tujuan, materi/bahan ajar, metode dan medi, evaluasi, anak didik, dan adanya pendidik
2.      Prinsip-Prinsip Perencanaan Pembelajaran
Prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran, alangkah baiknya perlu kita ketahui terlebih dahulu prinsip-prinsip belajar dan mengajar dalam rangka  untuk pengembangan pembelajaran, antara lain :
·         Prinsip Kesiapan (Readiness)
·         Prinsip Motivasi (motivation)
·         Prinsip perhatian
·         Prinsip Presepsi
·         Prinsip Retensi
·         Prinsip Transfer

F.                 Keterampilan Dasar Seorang Pengajar
8 (delapan) keterampilan dasar bagi seorang guru dalam pengelolaan kelas di kegiatan belajar dan mengajar, yaitu :
·         Ketrampilan Bertanya.
·         Ketrampilan Memberikan Penguatan.
·         Ketrampilan Mengadakan Variasi.
·         Ketrampilan Menjelaskan.
·         Ketrampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran.
-        Membuka Pelajaran.
-        Menutup Pelajaran.
·         Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil.
·         Ketrampilan Mengelola Kelas.
·         Ketrampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan.

1 komentar:

Belajarlagi mengatakan...

Terima kasih usna, semoga tambah berkah ilmunya.

Posting Komentar

Mario