A.
Pengertian
Pembelajaran
Menurut penulis buku Gurunya Manusia, Munif
Chatib, Pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai
pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi. Jadi, pembelajaran adalah sebuah proses yang
dilakukan oleh guru sebagai pemberi informasi dan siswa
sebagai penerima informasi untuk menghasilkan sebuah perubahan perilaku yang relatif permanen.
sebagai penerima informasi untuk menghasilkan sebuah perubahan perilaku yang relatif permanen.
B.
Ciri-Ciri
Pembelajaran
1. Rencana.
2.
Saling tergantung (interdependence).
C.
Prinsip-Prinsip
Pembelajaran
Prinsip-prinsip belajar juga
memberikan arah tentang apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar para
siswa dapat berperan aktif di dalam proses pembelajaran.
1. Perhatian dan Motivasi.
2. Keaktifan.
3. Keterlibatan Langsung.
4. Prinsip Pengulangan.
5. Tantangan.
6. Balikan dan Penguatan.
7. Perbedaan Individual.
Dalam pandangan DePorter &
Hernacki (2001:117) terdapat tiga karakteristik atau modalitas belajar siswa
yang perlu diketahui oleh setiap pendidik dalam proses pembelajaran, yaitu:
·
Orang-orang yang visual, yang sering kali ditandai
suka mencoret-coret ketika berbicara di telpon, berbicara dengan tepat, lebih
suka melihat peta daripada mendengar penjelasan.
·
Orang-orang yang auditorial, yang sering ditandai
suka berbicara sendiri, lebih suka mendengarkan ceramah atau seminar daripada
membaca buku, lebih suka berbicara daripada menulis.
·
Orang-orang yang kinestetik, yang sering ditandai
berpikir lebih baik ketika bergerak atau berjalan, banyak menggerakkan anggota
tubuh ketika berbicara, sulit untuk duduk dan diam.
D.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Proses dan Hasil Belajar Pembelajaran
1. Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor-faktor yang
berasal dari dalam diri individu dan dapat mempengaruhi hasil belajar
individu. Faktor-faktor internal ini meliputi faktor fisiologis
(keadaan jasmani dan keadaan fungsi jasamani) dan faktor psikologis (kecerdasan siswa, motifasi , minat, sikap dan
bakat).
2. Faktor Eksternal
Selain karakteristik siswa, faktor-faktor
eksternal juga dapat memengaruhi proses belajar siswa. Dalam hal ini, Syah
(2003) menjelaskan bahwa faktor-faktor eksternal yang memengaruhi balajar dapat
digolongkan menjadi dua golongan, yaitu faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan non-sosial.
3. Kondisi Ideal Pembelajaran
Kondisi belajar adalah
suatu keadaan yang dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Definisi
yang lain tentang kondisi belajar adalah suatu keadaan yang mana terjadi
aktifitas pengetahuan dan pengalaman melalui berbagai proses pengolahan mental. Gagne membagi kondisi belajar atas dua, yaitu Kondisi internal dan Kondisi eksternal.
Gagne (dalam Richey, 2000) menyatakan bahwa dibutuhkan kondisi belajar
yang efektif untuk berbagai jenis/ kategori kemampuan belajar. Kondisi
belajar dibagi atas lima kategori belajar sebagai berikut:
·
Keterampilan
intelektual (intellectual skill).
·
Informasi verbal (verbal information).
·
Strategi kognitif (Cognitive Strategy/problem solving).
·
Sikap (attitude)
·
Keterampilan motorik (Motor Skill).
E.
Komponen
dan Prinsip Perencanaan Pembelajaran
1.
Komponen Pembelajaran
Interaksi merupakan ciri utama dari
kegiatan pembelajaran, baik antara yang belajar dengan lingkungan belajarnya,
baik itu guru, teman-temannya, tutor, media pembelajaran, atau sumber-sumber
belajar yang lain. Ciri lain dari pembelajaran adalah yang berhubungan dengan
komponen-komponen pembelajaran. Di dalam pembelajaran terdapat
komponen-komponen, yaitu: tujuan, materi/bahan ajar, metode dan medi, evaluasi,
anak didik, dan adanya pendidik
2. Prinsip-Prinsip Perencanaan
Pembelajaran
Prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran,
alangkah baiknya perlu kita ketahui terlebih dahulu prinsip-prinsip belajar dan
mengajar dalam rangka untuk pengembangan pembelajaran, antara lain :
·
Prinsip Kesiapan (Readiness)
·
Prinsip Motivasi (motivation)
·
Prinsip perhatian
·
Prinsip Presepsi
·
Prinsip Retensi
·
Prinsip Transfer
F.
Keterampilan Dasar Seorang Pengajar
8 (delapan) keterampilan dasar bagi
seorang guru dalam pengelolaan kelas di kegiatan belajar dan mengajar, yaitu :
·
Ketrampilan Bertanya.
·
Ketrampilan Memberikan Penguatan.
·
Ketrampilan
Mengadakan Variasi.
·
Ketrampilan Menjelaskan.
·
Ketrampilan Membuka Dan Menutup
Pelajaran.
-
Membuka Pelajaran.
-
Menutup Pelajaran.
·
Keterampilan Membimbing Diskusi
Kelompok Kecil.
·
Ketrampilan Mengelola Kelas.
·
Ketrampilan
Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan.
1 komentar:
Terima kasih usna, semoga tambah berkah ilmunya.
Posting Komentar